Rabu, 04 April 2012

DGSD S1+

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas 


Contoh:

Guru: Listen and and circle the correct answer.

Siswa: (melingkari jawaban yang benar berdasarkan apa yang didengar)



Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja














Responding
















Listen and circle the correct answer. 
Guru: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)


2 x 35 menit


·  
· Buku teks









Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan






Contoh:

Guru: Listen and fill in the crossword.

Siswa: (mengisi crossword berdasarkan informasi yang didengar)



Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja














Responding
















Listen and fill in the crossword. 
Guru: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud)


2 x 35 menit


·  
· Buku teks

















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar






Contoh:

Guru: Listen and circle.

Siswa: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)



Siswa mendengarkan Guru untuk melingkari nama-nama minuman

Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar


Unjuk kerja














Responding
















Listen and circle. 
Guru: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)

2 x 35 menit


·  
· Buku teks
















Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: What can we do on the beach?
B: We can play with the sand and pebbles.







1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba
·   Memberi petunjuk


Tes lisan








Pertanyaan










Answer the questions orally!





4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: What do you need?                                                                                                                                                                                                     
B: I need potatoes.

A: What do you like to drink for breakfast?
B: A glass of orange juice.






1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Memberi bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan



Contoh:

A: I like collecting stamps.

B: How many apples do you have?
C: I have three apples.

D: What do you think about my new dress?
E: It’s nice. It suits you. 






1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Mengingatkan
·   Menyatakan suka/tidak suka
·   Menanyakan jumlah
·   Menanyakan jumlah
·   Menanyakan keadaan
·   Memberi komentar
·   Memberi pendapat
·   Mengusulkan

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Would you please...
·   May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1   Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima

















Ucapan, tekanan, dan intonasi teks  yang dipelajari


















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1. Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar







·   Tes unjuk kerja



·   Observasi














·   Uji petik membaca nyaring


·   Lembar observasi













Read the sentences aloud.


Read the monologues loudly and carefully.











2 x 35 menit


















·   Buku teks
·   Alat peraga





















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2   Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


1. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
2. Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit











Buku teks























Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI(Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima


Teks fungsional pendek sangat sederhana



Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana




Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana



Tes tulis






Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





        Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana  




Tes tulis








Menulis kartu ucapan sangat sederhana  









Write a greeting card to your friend.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga













Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas














Contoh:

Guru: Listen and repeat.

Siswa: (mengulang apa yang didengar)

Guru: Listen and follow the direction.

Siswa: (mengikuti petunjuk arah sebuah peta jalan)




Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima















Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima














·     Tes lisan








·     Unjuk kerja









·     Mengulang secara lisan







·     Responding










Listen and repeat. Guru: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang)


Listen and follow the direction.
Guru: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa)


2 x 35 menit
















·  
· Buku teks



















Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan



Contoh:

Guru: Listen and write.

Siswa: (menulis)





Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari Guru







Merespon dengan menulis apa yang didengar dari Guru


Unjuk kerja










Responding










Listen to the cassettes and write.
 Guru): (memberikan informasi yang harus siswa tulis)



2 x 35 menit










·    
·    Buku teks
·   Script percakap-an




5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar







Contoh:

Guru: Rearrange the pictures according to the story that you hear. 






Siswa mendengarkan Guru untuk mengurutkan gambar-gambar yang acak










Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar







Unjuk kerja












Responding













Listen to the cassettes and rearrange the pictures below.

Guru: (memberikan informasi agar siswa dapat mengurutkan gambar)

2 x 35 menit












·    
·    Buku teks
·   Script percakap-an












Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: How does John go to school?
B: He goes to school by bicycle







1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba
·   Memberi petunjuk


Tes lisan








Pertanyaan










Answer the questions orally!





4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga






Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can you tell me where west is?                                                                                                                                                                                                     
B: Sure. That’s west.







1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Memberi bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: How can I get to the post office?

B: Can you tell me where the post office is?

C: How much is it?

D: Shall I get you something?








1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
a.  Mengungkapkan perasaan
b.  Merespon ungkapan
c.  Mengungkapkan keraguan
d.  Menanyakan
e.  Meminta kejelasan


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Would you please...
·   May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga











Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1   Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima

















Ucapan dan intonasi teks yang dipelajari


















1.  Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3.  Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4.  Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1.  Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
2.  Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3.  Membaca nyaring dengan baik dan benar







Tes unjuk kerja


















Uji petik membaca nyaring
















Read the dialogues aloud.














2 x 35 menit


















·   Buku teks
·   Alat peraga






















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2   Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


1.  Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
2.  Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit








Buku teks



7.3   Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana


Teks naratif bergambar sangat sederhana

1.  Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana
2.  Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks naratif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit








Buku teks
















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI(Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1   Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik


Teks fungsional pendek sangat sederhana



Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana




Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana



Tes tulis






Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





8.2   Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana 




Tes tulis








Menulis kartu ucapan sangat sederhana 









Write a greeting card to your friend.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga








MATERI BAHASA INGGRIS DGSD S 1+

Dosen Ustdzh. Silvia, M. Thisol






NO
HARI/TANGGAL
MATERI
JK
Waktu

1
Selasa,
3 April 2012
Course design + Diagnostic test
3
15.15 - 17.30 WIB

About You: Greeting, introduction and Personal Identification


Introduction to English syllabus for elementary school + Mapping material


2
Selasa,
10 April 2012
Parts of the body and describing people
3
15.15 - 17.30 WIB

Desigining material on each lesson part 1

3
Selasa,
17 April 2012
Family and friends
3
15.15 - 17.30 WIB

Desigining material on each lesson part 2

4
Selasa,
24 April 2012
Talking about Jobs : names, places, activity
3
15.15 - 17.30 WIB

Teaching practice 1

5
Selasa,
1 Mei 2012
Talking about time Schedules and daily routines
3
15.15 - 17.30 WIB

Teaching practice 2

6
Selasa,
8 Mei 2012
Midterm
3
15.15 - 17.30 WIB

7
Selasa,
15 Mei 2012
Daily routines
3
15.15 - 17.30 WIB

Designing material on each lesson part 1

8
Selasa,
22 Mei 2012
House and Buildings and direction
3
15.15 - 17.30 WIB

Designing material on each lesson part 2

9
Selasa,
29 Mei 2012
Talking about present action-Present progressive
3
15.15 - 17.30 WIB

Teaching practice 1

10
Selasa,
5 Juni 2012
Comparison and Superlative
3
15.15 - 17.30 WIB

Teaching practice 2

11
Selasa,
12 juni 2012
Past Activities – Past Simple
3
15.15 - 17.30 WIB

Review

12
Selasa,
19 Juni 2012
Final Exam
3
15.15 - 17.30 WIB

Jumlah
36


MATERI BAHASA INGGRIS DGSD S1+


Jumat, 02 Maret 2012

DASAR & HAKIKAT CBSA

   Usaha penerapan dan peningkatan CBSA dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan usaha “proses pembangkitan kembali” atau proses pemantapan konsep CBSA yang telah ada. Untuk itu perlu dikaji alasan-alasan kebangkitan kembali dan usaha peningkatan CBSA dasar dan alasan usaha peningkatan CBSA secara rasional adalah sebagai berikut:
a. Rasional atau dasar pemikiran dan alasan usaha peningkatan CBSA dapat ditinjau kembali pada hakikat CBSA dan tujuan pendekatan itu sendiri. Dengan cara demikian pembelajar dapat diketahui potensi, tendensi dan terbentuknya pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimilikinya. Pada dasarnya dapat diketahui bahwa baik pembelajar. materi pelajaran, cara penyajian atau disebut juga pendekatan-pendekatan berkembang. Jadi hampir semua komponen proses belajar mengajar mengalami perubahan.
Perubahan ini mengarah ke segi-segi positif yang harus didukung oleh tindakan secara intelektual, oleh kemauan, kebiasaan belajar yang teratur, mempersenang diri pada waktu belajar hendaknya tercipta baik di sekolah maupun di rumah. Bukankah materi pelajaran itu banyak, bervariasi dan ini akan memotivasi pembelajar memiliki kebiasaan belalar. Dalam hubungannya dengan CBSA salah satu kompetensi yang dituntut ialah memiliki kemampuan profesional, mampu memiliki strategi dengan pendekatan yang tepat.
b. Implikasi mental-intelektual-emosional yang semaksimal mungkin dalam kegiatan belajar mengajar akan mampu menimbulkan nilai yang berharga dan gairah belajar menjadi makin meningkat. Komunikasi dua arah (seperti halnya pada teori pusaran atau kumparan elektronik) menantang pembelajar berkomunikasi searah yang kurang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Sifat melit yang disebut juga ingin tahu (curionsity) pembelajar dimotivasi oleh aktivitas yang telah dilakukan. Pengalaman belajar akan memberi kesempatan untuk rnelakukan proses belajar berikutnya dan akan menimbulkan kreativitas sesuai dengan isi materi pelajaran.
c. Upaya memperbanyak arah komunikasi dan menerapkan banyak metode, media secara bervariasi dapat berdampak positif. Cara seperti itu juga akan memberi peluang memperoleh balikan untuk menilai efektivitas pembelajar itu. Ini dimaksud balikan tidak ditunggu sampai ujian akhir tetapi dapat diperoleh pembelajar dengan segera. Dengan demikian kesalahan-kesalahan dan kekeliruan dapat segera diperbaiki. Jadi, CBSA memberi alasan untuk dilaksanakan penilaian secara efektif, secara terus-menerus melalui tes akhir tatap muka, tes formatif dan tes sumatif.
d. Dilihat dari segi pemenuhan meningkatkan mutu pendidikan di LP’TK (Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik) maka strategi dengan pendekatan CBSA layak mendapat prioritas utama. Dengan wawasan pendidikan sebagai proses belajar mengajar menggarisbawahi betapa pentingnya proses belajar mengajar yang tanggung jawabnya diserahkan sepenuhnya kepada pembelajar. Dalam hal ini materi pembelajar harus benar-benar dibuat sesuai dengan kemampuan berpikir mandiri, pembentukan kemauan si pembelajar. Situasi pembelajar mampu menumbuhkan kemampuan dalam memecahkan masalah secara abstrak, dan juga mencari pemecahan secara praktik.
                  Siswa pada hakekatnya memiliki potensi atau kemampuan yang belum terbentuk secara jelas, maka kewajiban gurulah untuk merangsang agar mereka mampu menampilkan potensi itu. Para guru dapat menumbuhkan keterampilan-keterampilan pada siswa sesuai dengan taraf perkembangannya, sehingga mereka memperoleh konsep. Dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan memproses perolehan, siswa akan mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta mengembangkan sikap dan nilai yang dituntut. Proses belajar-mengajar seperti inilah yang dapat menciptakan siswa belajar aktif.
Hakekat dari CBSA adalah proses keterlibatan intelektual-emosional siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan terjadinya:
a. Proses asimilasi/pengalaman kognitif, yaitu: yang memungkinkan terbentuknya pengetahuan
b. Proses perbuatan/pengalaman langsung, yaitu: yang memungkinkan terbentuknya keterampilan
c. Proses penghayatan dan internalisasi nilai, yaitu: yang memungkinkan terbentuknya nilai dan sikap
Walaupun demikian, hakekat CBSA tidak saja terletak pada tingkat keterlibatan intelektual-emosional, tetapi terutama juga terletak pada diri siswa yang memiliki potensi, tendensi atau kemungkinan kemungkinan yang menyebabkan siswa itu selalu aktif dan dinamis. Oleh sebab itu guru diharapkan mempunyai kemampuan profesional sehingga ia dapat menganalisis situasi instruksional kemudian mampu merencanakan sistem pengajaran yang efektif dan efisien. Dalam menerapkan konsep CBSA, hakekat CBSA perlu dijabarkan menjadi bagian-bagian kecil yang dapat kita sebut sebagai prinsip-pninsip CBSA sebagai suatu tingkah laku konkret yang dapat diamati. Dengan demikian dapat kita lihat tingkah laku siswa yang muncul dalam suatu kegiatan belajar mengajar.

Kamis, 01 Maret 2012

PENDIDIKAN ISLAM: PIN 2012

PENDIDIKAN ISLAM: PIN 2012: CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI CONTOH MODEL ...

PIN 2012

 CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI
 CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI
 CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI
 CONTOH MODEL PIN DAN GANTUNGAN KUNCI
YANG BERMINAT BISA PESAN LEWAT :
TELP:085649121260
HOME:JL JERUK RAYA NO 29 PERUMNAS KAMAL