Rabu, 04 April 2012

DGSD S1+

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas 


Contoh:

Guru: Listen and and circle the correct answer.

Siswa: (melingkari jawaban yang benar berdasarkan apa yang didengar)



Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja














Responding
















Listen and circle the correct answer. 
Guru: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)


2 x 35 menit


·  
· Buku teks









Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan






Contoh:

Guru: Listen and fill in the crossword.

Siswa: (mengisi crossword berdasarkan informasi yang didengar)



Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja














Responding
















Listen and fill in the crossword. 
Guru: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud)


2 x 35 menit


·  
· Buku teks

















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar






Contoh:

Guru: Listen and circle.

Siswa: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)



Siswa mendengarkan Guru untuk melingkari nama-nama minuman

Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar


Unjuk kerja














Responding
















Listen and circle. 
Guru: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar)

2 x 35 menit


·  
· Buku teks
















Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: What can we do on the beach?
B: We can play with the sand and pebbles.







1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba
·   Memberi petunjuk


Tes lisan








Pertanyaan










Answer the questions orally!





4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: What do you need?                                                                                                                                                                                                     
B: I need potatoes.

A: What do you like to drink for breakfast?
B: A glass of orange juice.






1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Memberi bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan



Contoh:

A: I like collecting stamps.

B: How many apples do you have?
C: I have three apples.

D: What do you think about my new dress?
E: It’s nice. It suits you. 






1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Mengingatkan
·   Menyatakan suka/tidak suka
·   Menanyakan jumlah
·   Menanyakan jumlah
·   Menanyakan keadaan
·   Memberi komentar
·   Memberi pendapat
·   Mengusulkan

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Would you please...
·   May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga












Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1   Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima

















Ucapan, tekanan, dan intonasi teks  yang dipelajari


















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1. Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar







·   Tes unjuk kerja



·   Observasi














·   Uji petik membaca nyaring


·   Lembar observasi













Read the sentences aloud.


Read the monologues loudly and carefully.











2 x 35 menit


















·   Buku teks
·   Alat peraga





















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2   Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


1. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
2. Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit











Buku teks























Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI(Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima


Teks fungsional pendek sangat sederhana



Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana




Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana



Tes tulis






Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





        Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana  




Tes tulis








Menulis kartu ucapan sangat sederhana  









Write a greeting card to your friend.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga













Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas














Contoh:

Guru: Listen and repeat.

Siswa: (mengulang apa yang didengar)

Guru: Listen and follow the direction.

Siswa: (mengikuti petunjuk arah sebuah peta jalan)




Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima















Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima














·     Tes lisan








·     Unjuk kerja









·     Mengulang secara lisan







·     Responding










Listen and repeat. Guru: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang)


Listen and follow the direction.
Guru: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa)


2 x 35 menit
















·  
· Buku teks



















Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan



Contoh:

Guru: Listen and write.

Siswa: (menulis)





Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari Guru







Merespon dengan menulis apa yang didengar dari Guru


Unjuk kerja










Responding










Listen to the cassettes and write.
 Guru): (memberikan informasi yang harus siswa tulis)



2 x 35 menit










·    
·    Buku teks
·   Script percakap-an




5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar







Contoh:

Guru: Rearrange the pictures according to the story that you hear. 






Siswa mendengarkan Guru untuk mengurutkan gambar-gambar yang acak










Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar







Unjuk kerja












Responding













Listen to the cassettes and rearrange the pictures below.

Guru: (memberikan informasi agar siswa dapat mengurutkan gambar)

2 x 35 menit












·    
·    Buku teks
·   Script percakap-an












Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: How does John go to school?
B: He goes to school by bicycle







1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba
·   Memberi petunjuk


Tes lisan








Pertanyaan










Answer the questions orally!





4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga






Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can you tell me where west is?                                                                                                                                                                                                     
B: Sure. That’s west.







1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Memberi bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: How can I get to the post office?

B: Can you tell me where the post office is?

C: How much is it?

D: Shall I get you something?








1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
a.  Mengungkapkan perasaan
b.  Merespon ungkapan
c.  Mengungkapkan keraguan
d.  Menanyakan
e.  Meminta kejelasan


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga













Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Would you please...
·   May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga











Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI (Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1   Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima

















Ucapan dan intonasi teks yang dipelajari


















1.  Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3.  Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4.  Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1.  Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
2.  Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3.  Membaca nyaring dengan baik dan benar







Tes unjuk kerja


















Uji petik membaca nyaring
















Read the dialogues aloud.














2 x 35 menit


















·   Buku teks
·   Alat peraga






















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2   Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


1.  Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
2.  Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit








Buku teks



7.3   Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana


Teks naratif bergambar sangat sederhana

1.  Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana
2.  Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks naratif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit








Buku teks
















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : VI(Enam)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1   Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik


Teks fungsional pendek sangat sederhana



Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana




Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana



Tes tulis






Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





8.2   Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana 




Tes tulis








Menulis kartu ucapan sangat sederhana 









Write a greeting card to your friend.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga








Tidak ada komentar:

Posting Komentar