Rabu, 04 Juli 2012
Minggu, 01 Juli 2012
RAHASIA MENGGERAKKAN ORANG LAIN
Saya percaya setiap kita pasti memiliki keinginan untuk melibatkan
orang lain agar bisa membantu mewujudkan tujuan tujuan hidup kita.Dan
tentu saja kita amat berharap bisa menggerakkan mereka itu dengan
sebaik baiknya. .
Jika kita belajar dari sejarah maka langkah
langkah inilah yang telah dipraktekkan dan terbukti memperlihatkan hasil
hasil yang signifikan.Saya yakin kita juga amat membutuhkan langkah
langkah ini.
1.Memiliki ketertarikan kepada orang lain
Apabila kita menyadari ada begitu banyak orang yang unik yang pasti
memiliki keungggulan , pengalaman , serta prestasi hidup sesuai dengan
kondisinya masing masing, yang layak dipelajari , maka kita pasti
semakin berhasrat untuk memberi perhatian lebih kepada mereka .
Kita tidak akan lagi bersikap NARSIS .Sikap yang konyol karena
terlalu menganggap diri sendiri sendiri sebagai pribadi satu satunya
yang layak dikagumi.
Kebiasaan untuk membaca biografi orang
yang sering kali dimuat di media massa ,atau lewat buku buku yang
ditulis tentang kisah hidup seseorang serta ngobrol denga beragam orang
untuk mendengar kisah hidupnya akan membuat kita mengalami pertumbuhan
RASA TERTARIK kepada orang lain.
2.Berupaya untuk mengenal orang lain
Begitu rasa tertarik pada orang lain semakin tumbuh subur dalam diri
kita , biasanya kita akan mulai menunjukkan minat mengetahui tentang
seluk beluk keberhasilan orang lain. Orang orang yang berinteraksi
dengan kita ,ketika melihat semangat dan minat dalam diri kita yang mau
secara tulus belajar tentang dirinya , akan mulai menyukai kita .Dia
semakin nyaman dan betah bergaul bersama kita.
3.Menghormati orang lain
Segala sesuatu yang layak dipelajari pasti pantas untuk dihormati .Jika
ini kita berikan kepada orang orang yang mulai kita kenali dan kita
pelajari tentang dirinya ,pasti dia akan mulai bersedia memberikan
kesetiaannya kepada kita.
4.Memberi nilai tambah kepada orang lain.
Karena kebutuhan setiap orang ingin maju dan berkembang , maka ketika
kita bisa memberi kontribusi bagi pertumbuhan dan kemajuan hidupnya
kadar kesetiaan orang orang yang telah bersama kita ,seperti yang saya
sebut diatas ,akan semakin meningkat tajam secara signifikan .
5.Menguatkan orang lain.
Jika orang orang yang telah kita perlakukan setahap demi setahap itu
kemudian kita kuatkan dengan ungkapan verbal tulus bahwa kita akan
selalu mau belajar dari mereka , menghormati kelebihan dan keunggulannya
serta akan mendukung pertumbuhan dan kemajuan dirinya mereka akan
menyediakan dirinya secara utuh kepada kita.
6.Mempengaruhi orang lain.
Pada titik ini jika kita berniat mempengaruhi , menggerakkan dan
mengarahkan orang orang yang telah merasa nyaman bersama kita karena
kita telah memperlakukannya secara terhormat seperti langkah demi
langkah yang saya sebutkan diatas , kearah tujuan besar yang kita
inginkan pasti akan mendapatkan hasil hasil yang maksimal.
Inilah rahasia demi rahasia dibalik semua gelombang perubahan yang
pernah kita saksikan dimana begitu banyak orang mudah digerakkan demi
tujuan tujuan mulya diberbagai bidang kehidupan .
Bukankah
kita selalu meminta dengan ungkapan ,” JADIKANLAH KAMI PEMIMPIN
BAGI…….” ?.Kalimat tersebut mengungkapkan keingingan kita untuk sukses
memimpin .Ini hanya mungkin bisa kita lakukan jika langkah demi langkah
diatas kita praktekkan secara sungguh sungguh dan berkualitas .
Senin, 30 April 2012
pencerahan
Lihatlah Selalu Dari Sisi Yang Berbeda
Tidak ada satupun diantara kita yang tidak menghadapi satu masalah
dalam hidup ini.Masalah masalah itu datang silih berganti satu demi satu
kedalam kehidupan kita.Bahkan kadang datangnya bersamaan.
Sebagian masalah itu bisa kita prediksi datangnya,sehingga kita bisa
menyiapakan diri menghadapinya. Tetapi sejumlah masalah justeru hadir
dalam kehidupan kita, tanpa bisa kita
duga,sehingga menggoncangkan pertahanan diri kita dalam menghadapinya.
Tetapi yg membedakan diantara masing masing kita adalah kemampuan kita
melihat dan bersikap terhadap masalah masalah tersebut.
Masalah yang kita hadapi sesungguhnya merupakan :
1.Pertanda akan adanya kenyataan hidup. Saat kita menghadapi masalah,
berarti kita hidup didalam dunia nyata.Hidup yg tanpa masalah bukanlah
kehidupan yang sesungguhnya.Hanya saja jangan menantang Tuhan dengan
meminta masalah kepada Nya.
2.Cara Tuhan untuk mendewasakan
kita sebagai hamban Nya agar semakin sanggup menunaikan amanah amanah
Nya. Masalah masalah itu hadir kedalam kehidupan masing masing kita,
ternyata pada akhirnya semakin menyadarkan kita akan perlunya kita
menjadi lebih kuat dari masalah yang kita hadapi dengan cara bisa
bertahan atas hantamannya,dapat memahami kerumitannya,mampu menemukan
jalan keluarnya, serta sanggup bernafas panjang untuk, mengatasinya.
3.Media pengukur diri untuk melihat sisi sisi kepribadian mana dari
diri kita yang harus diperbaiki dan disempurnakan. Masalah masalah hidup
kita itu biasanya memberi kita pekerjaan rumah,setelah membentur kita
dan menimbulkah kerusakan disana sini pada diri kita baik secara fisik
maupun secara psikis.Dari sini kita biasanya tahu bagian dari
kepribadian kita yang harus diperbaiki.Persis seperti pemilik mobil yang
tahu bagian mana dari mobilnya yang harus dipermak ulang setelah
beberapa bagian dari body mobil menjadi ringsek oleh berbagai benturan
fisik
4.Kesempatan yg disediakan Tuhan agar kita terbiasa
melihat sebuah persoalan dari sisi yg berbeda. Masalah masalah dalam
hidup kita ternyata datang tidak sekali disetiap bidang kehidupan kita.
Kenyataan ini membuat kita bisa melihat dan memahami masalah masalh itu
dari cara pandang dan dari sisi yag berbeda,sehingga kita bisa memiliki
pemahaman dan membuat pilihan penyelesaian masalah yang berbeda pula.
Ya Robbi beri kami kesabaran untuk mecari jalan keluar dari setiap
persoalan hidup yang kami hadapi.Dan bimbinglah kami selalu dengan
hidayah Mu. (Ahad,29 April 2012, selepas jam 21.00 )
Minggu, 29 April 2012
Kamis, 12 April 2012
PENCERAHAN HARI INI
Saya belajar banyak dari kegagalan kegagalan yang saya alami dalam potongan hidup yang sudah saya lewati.PERTAMA :Terbentuknya rasa insyaf dalam diri saya bahwa kegagalan itu terutama disebabkan oleh cara kerja saya dalam menyiapkan diri untuk meraih cita cita saya ternyata amat buruk.KEDUA :Tumbuhnya kesadaran untuk berbesar jiwa mengambil tanggung jawab tethadap kegagalan itu untuk diperbaiki, dan bukan malah mencari cari alasan diluar diri saya untuk dijadikan kambing hitam.KETIGA :Tertanamnya kesadaran untuk segera keluar dari perangkap kesedihan yang timbul karena kegagalan itu.Sebab kesedihan yang terus menerus tidak akan pernah bisa mengubah keadaaan.KEEMPAT :Terciptanya pengertian terhadap pola kegagalan yang saya alami, dan ini tentu saja memberi pemahaman terhadap pola sukses yang harus dijalani.Begitulah memang, lewat sejumlah kegagalanlah satu demi satu rahasia kehidupan ini dapat saya pahami dengan jernih karena rahmat dan bimbingan Nya.Ya Allah jangan Engkau biarkan hamba berjalan sendiri tanpa bimbingan Mu
Rabu, 04 April 2012
DGSD S1++
Silabus
Lampiran 1
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
|
Contoh:
Guru: Listen
and complete the dialogues.
Siswa: (melengkapi
dialog)
Guru: Listen
and colour the pictures.
Siswa: (mewarnai
gambar)
Guru: Listen,
complete and act out.
Siswa: (melengkapi
dan memperagakan dialog)
|
1. Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari
ucapan guru.
3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog.
|
·
Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong
·
Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari ucapan guru
·
Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog
|
· Tes tulis
· Tes tulis
· Unjuk kerja
|
· Melengkapi dialog
· Mewarnai gambar
·
Responding
|
Listen and complete the dialogues.
A: Good _______.
B: _________
__________.
Listen and colour the pictures.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)
Listen, complete and act out the dialogues.
|
2 x 35 menit
|
·
Gambar-
gambar/
benda
terkait
·
Buku teks
·
Script percakapan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
|
Contoh:
Guru: Listen
and repeat the dialogues.
Siswa: (mengulang dialog)
Guru: Listen
and repeat the alphabets.
Siswa: (mengulang alfabet)
|
Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
lantang apa yang didengar dari ucapan guru Masing-masing siswa mengulang
dengan suara lantang apa yang didengar dari ucapan guru
|
·
Merespon dengan mengulang apa yang
didengar dari ucapan guru dengan suara lantang
·
Merespon dengan mengulang apa yang didengar yang didengar dari ucapan guru dengan pengucapan
bahasa Inggris yang benar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the dialogues and repeat.
(guru):
How are you today?
Siswa: (mengulang)
|
2 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Script percakap-an
|
Silabus
Lampiran 2
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi
salam perpisahan, dan memberi aba-aba
|
Contoh:
A: What is your name?
B: My name is Tina.
A: Good morning, Anti.
B: Good morning, Anto.
A: Good bye, Joni.
B: Bye. See you tomorrow.
A: Spell the words.
B: (mengeja kata)
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·
Mengenalkan diri
·
Memberi salam/sapaan
·
Memberi salam perpisahan
·
Memberi aba-aba
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
· Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
· Bermain peran
|
·
Answer the questions orally!
·
Act out the dialogue in front of the class!
· Perform a role play with your friend about asking and
giving personal information!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakap-an
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima
yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi
barang
|
Contoh:
A: Can I help you?
B: Yes, I want cabbage, please.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
· Meminta bantuan
· Meminta barang
· Memberi barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
4 x 35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf,
melarang, memuji, dan mengajak
|
Contoh:
A: How are you today?
B: I’m fine, thank you.
A: I’m sorry.
B: It’s ok.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
· Berterima kasih
· Meminta maaf
· Memberi maaf
· Melarang
· Memuji
· Mengajak
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
|
Contoh:
A: How are you?
B: I’m fine, thank you.
A: I’m sorry.
B: It’s ok.
A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.
A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan:
· Thank you
· Sorry
· Please
· Excuse me
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Silabus
Lampiran 3
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
|
Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari
|
1.
Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.
Mendengarkan
contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3.
Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda
sesuai model
4.
Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan
jeda yang baik dan benar
|
1.
Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan
baik dan benar
2.
Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan
intonasi yang benar
3.
Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
·
Tes unjuk kerja
·
Observasi
|
·
Uji petik membaca nyaring
·
Lembar observasi
|
Read the alphabets aloud.
Read all the sentences loudly and carefully.
|
2 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
|
·
Kalimat-kalimat sangat sederhana
·
Pesan tertulis sangat sederhana
|
1.
Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana
2.
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan
tertulis
3.
Tanya jawab yang terkait dengan materi
|
1.
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2.
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan
tertulis sangat sederhana
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada
dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks
|
Complete the blanks next to the pictures according to the text.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
||||||||
Silabus
Lampiran 4
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat
dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana
|
Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Fill in the blanks with the correct expressions.
|
4 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan
benar
|
Tes tulis
|
· Menulis pesan tertulis
· Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
|
· Write a message to your friend
telling about yourself.
· Rearrange the words into good
sentences.
|
4 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Silabus
Lampiran 5
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan
dalam berbagai permainan
|
Contoh:
Guru: Open
the window.
Siswa: (membuka
jendela)
Guru: Pick
a book.
Siswa: (memilih
sebuah buku)
|
1. Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima
2. Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan
sesuai dengan instruksi secara berterima
|
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima
|
Tes
lisan
|
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima
|
Listen and do the instructions. Guru: Get to the front
of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)
|
2 x 35 menit
|
·
Gambar-
gambar
terkait
·
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Contoh:
Guru: A
cupboard.
Siswa: (mengulang kata “cupboard”)
Guru: A
duster.
Siswa: (mengulang kata “duster”)
|
Siswa merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the instructions and repeat.
Guru: An eraser.
Murid: (mengulang)
|
2 x 35 menit
|
·
Buku teks
|
Silabus
Lampiran 6
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
|
Contoh:
A: May I talk
aloud here?
B: No, you may
not.
A: How many
classrooms are there in the school?
B: There are six
classrooms.
|
Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
|
Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
How many classrooms are there in the school?
Siswa:
(mengulang)
|
2 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi
aba-aba
|
Contoh:
A: Switch off the light.
B: Turn the volume up.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·
Memberi contoh melakukan sesuatu
·
Memberi aba-aba
|
·
Unjuk kerja
|
·
Performance
|
·
Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima
yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
|
Contoh:
A: Can I help you?
B: Yes, I want cabbage, please.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
· Meminta bantuan
· Meminta barang
· Memberi barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
4 x 35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak
menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan
|
Contoh:
A: May I go to the restroom ma’am?
B: Of course.
A: May I open the window?
B: Sure.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·
Meminta ijin
·
Memberi ijin
·
Menyetujui
·
Tidak menyetujui
·
Menyangkal
·
Meminta kejelasan
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
·
Answer the questions orally!
·
Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
|
Contoh:
A: How are you?
B: I’m fine, thank you.
A: I’m sorry.
B: It’s ok.
A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.
A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.
|
6. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
7. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
8. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
9. Latihan percakapan dalam bentuk dialog
10. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi
nyata
|
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan:
· Thank you
· Sorry
· Please
· Excuse me
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Silabus
Lampiran 7
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang
melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
|
Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari
|
1.
Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.
Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3.
Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda
sesuai model
4.
Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan
jeda yang baik dan benar
|
1.
Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar
2.
Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang
benar
3.
Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
·
Tes unjuk kerja
·
Observasi
|
·
Uji petik membaca nyaring
·
Lembar observasi
|
Read the work places aloud.
Read all the expressions loudly and carefully.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
|
Kalimat-kalimat
dan pesan tertulis sangat sederhana
|
1.
Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana
2.
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog
3.
Tanya jawab yang terkait dengan materi
|
1.
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog
|
Tes unjuk kerja
|
Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri
dan berpasangan
|
Read the dialogues by yourselves first and then practise with your
friends.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Silabus
Lampiran 8
Sekolah : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas : IV (Empat)
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana
|
Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Fill in the blanks with the correct expression.
|
4 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis
|
Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan
benar
|
Tes tulis
|
· Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
· Menulis pesan tertulis berupa perintah
|
· Write the answers for each
picture.
· Write five expressios according to
the picture board.
|
4 x 35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Langganan:
Postingan (Atom)