Senin, 30 April 2012

pencerahan

Lihatlah Selalu Dari Sisi Yang Berbeda

Tidak ada satupun diantara kita yang tidak menghadapi satu masalah dalam hidup ini.Masalah masalah itu datang silih berganti satu demi satu kedalam kehidupan kita.Bahkan kadang datangnya bersamaan.

Sebagian masalah itu bisa kita prediksi datangnya,sehingga kita bisa menyiapakan diri menghadapinya. Tetapi sejumlah masalah justeru hadir dalam kehidupan kita, tanpa bisa kita duga,sehingga menggoncangkan pertahanan diri kita dalam menghadapinya. Tetapi yg membedakan diantara masing masing kita adalah kemampuan kita melihat dan bersikap terhadap masalah masalah tersebut.

Masalah yang kita hadapi sesungguhnya merupakan :

1.Pertanda akan adanya kenyataan hidup. Saat kita menghadapi masalah, berarti kita hidup didalam dunia nyata.Hidup yg tanpa masalah bukanlah kehidupan yang sesungguhnya.Hanya saja jangan menantang Tuhan dengan meminta masalah kepada Nya.

2.Cara Tuhan untuk mendewasakan kita sebagai hamban Nya agar semakin sanggup menunaikan amanah amanah Nya. Masalah masalah itu hadir kedalam kehidupan masing masing kita, ternyata pada akhirnya semakin menyadarkan kita akan perlunya kita menjadi lebih kuat dari masalah yang kita hadapi dengan cara bisa bertahan atas hantamannya,dapat memahami kerumitannya,mampu menemukan jalan keluarnya, serta sanggup bernafas panjang untuk, mengatasinya.

3.Media pengukur diri untuk melihat sisi sisi kepribadian mana dari diri kita yang harus diperbaiki dan disempurnakan. Masalah masalah hidup kita itu biasanya memberi kita pekerjaan rumah,setelah membentur kita dan menimbulkah kerusakan disana sini pada diri kita baik secara fisik maupun secara psikis.Dari sini kita biasanya tahu bagian dari kepribadian kita yang harus diperbaiki.Persis seperti pemilik mobil yang tahu bagian mana dari mobilnya yang harus dipermak ulang setelah beberapa bagian dari body mobil menjadi ringsek oleh berbagai benturan fisik

4.Kesempatan yg disediakan Tuhan agar kita terbiasa melihat sebuah persoalan dari sisi yg berbeda. Masalah masalah dalam hidup kita ternyata datang tidak sekali disetiap bidang kehidupan kita. Kenyataan ini membuat kita bisa melihat dan memahami masalah masalh itu dari cara pandang dan dari sisi yag berbeda,sehingga kita bisa memiliki pemahaman dan membuat pilihan penyelesaian masalah yang berbeda pula.

Ya Robbi beri kami kesabaran untuk mecari jalan keluar dari setiap persoalan hidup yang kami hadapi.Dan bimbinglah kami selalu dengan hidayah Mu. (Ahad,29 April 2012, selepas jam 21.00 )

Minggu, 29 April 2012

ACARA POSYANDU LANSIA RW 08 PERUMNAS KAMAL

 acara lansia rw 08










 BELAJAR QIROAH DI MASJID DARUSSSALAM PERUMNAS KAMAL
 BELAJAR QIROAH DI MASJID DARUSSSALAM PERUMNAS KAMAL

Kamis, 12 April 2012

PENCERAHAN HARI INI

Saya belajar banyak dari kegagalan kegagalan yang saya alami dalam potongan hidup yang sudah saya lewati.PERTAMA :Terbentuknya rasa insyaf dalam diri saya bahwa kegagalan itu terutama disebabkan oleh cara kerja saya dalam menyiapkan diri untuk meraih cita cita saya ternyata amat buruk.KEDUA :Tumbuhnya kesadaran untuk berbesar jiwa mengambil tanggung jawab tethadap kegagalan itu untuk diperbaiki, dan bukan malah mencari cari alasan diluar diri saya untuk dijadikan kambing hitam.KETIGA :Tertanamnya kesadaran untuk segera keluar dari perangkap kesedihan yang timbul karena kegagalan itu.Sebab kesedihan yang terus menerus tidak akan pernah bisa mengubah keadaaan.KEEMPAT :Terciptanya pengertian terhadap pola kegagalan yang saya alami, dan ini tentu saja memberi pemahaman terhadap pola sukses yang harus dijalani.Begitulah memang, lewat sejumlah kegagalanlah satu demi satu rahasia kehidupan ini dapat saya pahami dengan jernih karena rahmat dan bimbingan Nya.Ya Allah jangan Engkau biarkan hamba berjalan sendiri tanpa bimbingan Mu

Rabu, 04 April 2012

DGSD S1++

Silabus

Lampiran 1
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
1.     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon dengan   melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas


Contoh:

Guru: Listen and complete the dialogues.

Siswa: (melengkapi dialog)

Guru: Listen and colour the pictures.

Siswa: (mewarnai gambar)

Guru: Listen, complete and act out.

Siswa: (melengkapi dan memperagakan dialog)




1.     Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
2.     Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari ucapan guru.
3.     Siswa melengkapi dan memperagakan dialog.


·         Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
·         Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari ucapan guru
·         Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog



·   Tes  tulis









·   Tes tulis









·   Unjuk kerja


·   Melengkapi dialog








·   Mewarnai gambar








·   Responding

Listen and complete the dialogues.

A: Good _______.
B: _________
__________.


Listen and colour the pictures.

(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)

Listen, complete and act out the dialogues.

2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Buku teks
·   Script percakapan

Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas






Contoh:

Guru: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)

Guru: Listen and repeat the alphabets.

Siswa: (mengulang alfabet)



Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari ucapan guru Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari ucapan guru

·         Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari ucapan guru dengan suara lantang
·         Merespon dengan mengulang apa yang didengar yang didengar dari ucapan guru dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar





Unjuk kerja














Responding
















Listen to the dialogues and repeat.
(guru): How are you today?
Siswa: (mengulang)


2 x 35 menit


·   Buku teks
·   Script percakap-an


Silabus

Lampiran 2
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba

Contoh:

A: What is your name?
B: My name is Tina.

A: Good morning, Anti.
B: Good morning, Anto.

A: Good bye, Joni.
B: Bye. See you tomorrow.

A: Spell the words.
B: (mengeja kata)







1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.     Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.     Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.     Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.     Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Mengenalkan diri
·   Memberi salam/sapaan
·   Memberi salam perpisahan
·   Memberi aba-aba


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance




·   Bermain peran

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

·   Perform a role play with your friend about asking and giving personal information!


4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                     
B: Yes, I want cabbage, please.








1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga
 

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak


Contoh:

A: How are you today?
B: I’m  fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

                                




1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Berterima kasih
·   Meminta maaf
·   Memberi maaf
·   Melarang
·   Memuji
·   Mengajak

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me


Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.



1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Thank you
·   Sorry
·   Please
·   Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

Silabus

Lampiran 3
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1   Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana



















Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

1. Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar









·   Tes unjuk kerja


·   Observasi
















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi















Read the alphabets aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.













2 x 35 menit




















·   Buku teks
·   Alat peraga



















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2   Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Pesan tertulis sangat sederhana


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi

1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks

Complete the blanks next to the pictures according to the text.

2 x 35 menit











Buku teks




















Silabus

Lampiran 4
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi      : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expressions.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

        Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis


Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana


Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








·    Menulis pesan tertulis






·    Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar



·    Write a message to your friend telling about yourself.

·    Rearrange the words into good sentences.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga








Silabus

Lampiran 5
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan  melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan



Contoh:

Guru: Open the window.

Siswa: (membuka jendela)

Guru: Pick a book.

Siswa: (memilih sebuah buku)


1.     Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
2.     Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima



Tes  lisan


Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Listen and do the instructions. Guru: Get to the front of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar terkait
·   Buku teks




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Contoh:

Guru: A cupboard.

Siswa: (mengulang kata “cupboard”)

Guru: A duster.

Siswa: (mengulang kata “duster”)



Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and repeat.
Guru: An eraser.
Murid: (mengulang)

2 x 35 menit

·   Buku teks



Silabus

Lampiran 6
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima












Contoh:

A: May I talk aloud here?
B: No, you may not.

A: How many classrooms are there in the school?
B: There are six classrooms.



Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana












Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana 









Unjuk kerja















Performance















Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
How many classrooms are there in the school?
Siswa: (mengulang)







2 x 35 menit















·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga













Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba 

Contoh:

A: Switch off the light.

B: Turn the volume up.



1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Memberi contoh melakukan sesuatu
·   Memberi aba-aba


·   Unjuk kerja

·   Performance

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang

Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                    
B: Yes, I want cabbage, please.






1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
5.   Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta bantuan
·   Meminta barang
·   Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: May I go to the restroom ma’am?
 B: Of course.

A: May I open the window?
B: Sure.



1.  Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2.  Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3.  Latihan percakapan dalam bentuk dialog
4.  Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
·   Meminta ijin
·   Memberi ijin
·   Menyetujui
·   Tidak menyetujui
·   Menyangkal
·   Meminta kejelasan


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.



6.   Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
7.   Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
8.   Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
9.   Latihan percakapan dalam bentuk dialog
10. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
·   Thank you
·   Sorry
·   Please
·   Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

Silabus

Lampiran 7
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

















Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari




















1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


1. Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar












·   Tes unjuk kerja


·   Observasi


















·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi

















Read the work places aloud.

Read all the expressions loudly and carefully.















2 x 35 menit






















Buku teks
























Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

Kalimat-kalimat  dan pesan tertulis sangat sederhana


1. Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog
3. Tanya jawab yang terkait dengan materi



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat  sangat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog


Tes unjuk kerja

Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri dan berpasangan


Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends. 


2 x 35 menit

Buku teks


Silabus

Lampiran 8
Sekolah                          : SDN 16 Banda Sakti Lhokseumawe
Kelas                             : IV (Empat)
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Semester                        : 2 (Dua)
Standar Kompetensi      : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expression.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga








Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis



Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana


Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








·    Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana

·    Menulis pesan tertulis berupa perintah







·    Write the answers for each picture.


·    Write five expressios according to the picture board.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga